Jumat, 28 November 2014

Mengenal Jenis Nyamuk Serta Bagaimana Memberantasnya


Rumah kita adalah tempat tinggal kita, dimana kita banyak menghabiskan waktu disana. Sudah selayaknya rumah yang kita tempati selalu kita bersihkan, mulai dari menyapu lantai, membersihkan jendela, mengepel lantai dan lain sebagainya. Rumah yang bersih tentunya akan sangat nyaman untuk ditinggali, namun sebaliknya apabila rumah yang kotor akan sangat tidak nyaman untuk kita tempati. Rumah yang bersih akan membawa dampak yang baik bagi penghuninya, rumah yang bersih membuat kita nyaman untuk beristirahat. Namun seringkali di dalam rumah yang bersih pun ada serangga yang sering saja masuk tanpa permisi, bisa itu kecoa, belalang, dan yang paling sering adalah nyamuk. nyamuk adalah pembawa berbagai penyakit yang cukup berbahaya. Apa saja jenis nyamuk itu



Nyamuk Anopheles
Nyamuk jenis ini membawa penyakit malaria, biasanya terdapat di daerah yang banyak rawa, saluran air, dan permukaan air yang terkena sinar matahari. Nyamuk jenis biasanya dikenali dengan posisinya yang menukik atau membentuk sudut ketika hinggap.

Nyamuk Aides Aegypti
Nyamuk jenis ini membawa penyakit demam berdarah dengue. Pada jenis nyamuk ini dapat dikenali dari cirri tubuhnya yang berwarna hitam putih, nyamuk jenis ini bertelur di tempat air yang bersih, seperti di bak mandi, tempayan, vas bunga dan lainnya.

Nyamuk Culex Fatiqans
Nyamuk jenis ini adalah nyamuk yang sering menggigit kita di rumah pada waktu malam hari, nyamuk jenis ini bertelur di air yang kotor, seperti genangan air selokan, comberan dan lain-lain. Perlu diketahui nyamuk jenis ini juga bisa menularka penyakit kaki gajah.

Setelah tahu berbagai jenis nyamuk, dan bahaya yang ditimbulkan maka kita perlu mengantisipasinya. Beberapa hal berikut ini yang bisa kita lakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah kita ; gunakan akar wangi untuk mengusir nyamuk, aroma dari tanaman ini membuat nyamuk tak suka, gunakan bunga lavender, gunakan bunga rosemary, gunakan bunga geranium, gunakan daun sirih, gunakan serai. Penggunaan pengusir nyamuk diatas adalah secara alami. Bisa juga kita menggunakan pengusir nyamuk melalui cara penyemprotan insektisida, namun hal ini kurang bagus untuk kesehatan karena mengandung bahan kimia.


Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar