Jumat, 21 Juli 2023

Penyebab Imun Tubuh Menurun

 Kali ini penulis ingin membahas tentang berbagai penyebab imun tubuh menurun . Tapi sebelumnya kita bahas terlebih dahulu apa itu imun .cara aman menjaga kesehatan  Pada dasarnya Imunitas atau lebih mudahnya kekebalan tubuh  merupakan kemampuan seseorang atau suatu organisme multisel untuk bisa melawan berbagai mikroorganisme yang berbahaya atau cara pertahanan pada suatu organisme untuk bisa melindungi diri sendiri dari pengaruh billogis luar dengan cara mengenali untuk kemudian membunuh patogen tersebut . Yah lebih gampangnya imun tubuh itu  bisa didefinisikan sebagai kemampuan tubuh kita dalam menghadapi serta melawan untuk kemudian membasmi kuman atau bakteri yang bisa membahayakan tubuh kita sehingga tubuh tetap dalam kondisi normal . 

Setelah mengerti tentang pengertian imun kemudian kini kita akan membahas sesuai judul diatas yaitu Penyebab Imun Tubuh Menurun .bahan alami mendetox racun Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan imun tubuh tapi secara garis besarnya penurunan imun tubuh disebabkan beberapa faktor seperti :

1. Kurang istirahat .

Kurang istirahat dalam hal ini adalah dalam hal kualitas tidur bukan kuantitasnya ya jadi ingat kualitas tidur harus benar benar kita jaga . Usahakan untuk kualitas istirahat tidur kita selalu baik . Tidur berkualitas yaitu tidur yang memang bisa sesuai dengan kebutuhan manusia itu sendiri . Rata - rata kebutuhan tidur manusia pada umumnya adalah 8 jam di malam hari dan untuk siang harinya tidak perlu terlalu lama cukup 30 menit sampai 1 jam saja itu sudah cukup . Tapi terhitung tidur yang lelap ya ☺. 



Kurangnya durasi istirahat tidur akan menjadi faktor utama penyebab daya tahan tubuh seseorang menurun . Karena ketika tidur , tubuh secara otomatis akan bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak serta mengganti sel yang telah mati dengan sel baru yang lebih berkualitas . Kemudian tubuh secara alami akan membuang sisa - sisa sel tubuh yang yang tidak dibutuhkan .

2. Stress 

Tak bisa kita pungkiri , setiap insan pasti pernah merasakan stress yang berimbas di kelemahan di beberapa titik seperti nyeri kepala , sesag atau bahkan nyeri di dada , gelisah , bahkan tegang secara keseluruhan .10 tahun lebih muda Stress yang berkepanjangan tanpa ada koping indifidu secara baik akan sangat mudah untuk bisa menurunkan sistem imun atau kekebalan tubuh kita yang berujung manurunnya kesehatan tubuh kita . 



3. Dehidrasi .

Penyebab menurunnya imun tubuh kita yang ketiga yaitu karena dehidrasi dimana dehidrasi itu sendiri merupakan kondisi ketika cairan tubuh yang hilang lebih banyak dibandingkan yang dikonsumsi atau lebih mudahnya  kurangnya cairan dalam tubuh kita . Dehidrasi sangat mengerikan karena semua organ dalam tubuh manusia bergantung pada air karena air berfungsi untuk membanru membawa nutrisi , mineral dan oksigen ke semua sel . Lebih mudahnya silakan untuk selalu menjaga mulut , hidung , serta tenggorokan anda tetap lembab untuk menghindari dehidrasi . 

4. Ketidakseimbangan nutrisi 

Imun tubuh menurun juga bisa disebabkan oleh karena ketidakseimbangan nutrisi yang masuk ke tubuh. Pentingnya asupan nutrisi yang seimbang termasuk buah , sayur serta berbagai makanan antioksidan sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan dalam tubuh aman , mudah dan pasti sukses

Itulah 4 hal yang sangat sering dialami hingga terjadi penurunan sistem kekebalan tubuh manusia . Jadi menurut penulis silakan untuk bijak dalam mengelola hati , pikiran , dan waktu unutk bisa selalu sehat , berkualitas serta produktif dalam kehidupan . Semoga tulisan ini  bisa bermanfaat untuk para pembaca hingga penulis mendapatkan pahala jariyah di waktu mendatang amiin yaa robb 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar