Senin, 03 November 2014

Tips Membersihkan Debu Dengan Vacuum Cleaner

Rumah adalah tempat kita untuk melaksanakan berbagai aktifitas, rumah juga berfungsi sebagai tempat kita berteduh dari hujan maupun panas sinar matahari, oleh karena itu untuk menjaga agar rumah tetap nyaman untuk kita tinggali, maka kebersihan mutlak adanya. Seringkali kebersihan rumah kita selalu dikotori oleh debu yang selalu masuk dari mana saja, alat yang paling sederhana untuk menghilangkan debu adalah dengan menyapu ataupun mengepel, namun hal tersebut belum bisa secara tuntas menghilangkan debu yang ada. Bagaimana dengan debu yang menempel di perabotan kita, di sela-sela rak buku, di atas meja, dan lain-lain. Berbagai inovasi dari industri rumah tangga khususnya alat pembersih ruangan, maka sekarang muncul apa yang disebut dengan penyedot debu (vacuum cleaner). Namun kita juga harus tahu apa saja jenis vacuum cleaner yang ada di pasaran. 
Berikut ini adalah berbagai jenis vacuum cleaner yang ada di pasaran :

1. Jenis Upright
Jenis ini dipakai untuk membersihkan lantai ruangan yang memiliki lapisan karpet, karena semua bagian jadi satu, mulai dari penghisap yang ada di bagian paling bawah dan menempel dengan lantai, bagian penyaring dan pegangan untuk mengarahkan bagian mana yang belum dibersihkan. Desain upright lebih pas untuk membersihkan ruangan lapang tanpa banyak perabot karena bentuknya sederhana dan memiliki corong penghisap lebar di bagian bawah.
2. Canister
Jenis vacuum cleaner ini cukup fleksibel, berbeda dengan jenis Upright yang tidak memiliki pipa sebagai penyedot agar mempermudah bagian tersembunyi untuk dibersihkan.
3. Drum
Penyedot debu tipe ini juga memiliki tingkat fleksibiltas jangkauan mirip dengan canister, hanya saja bentuk tabung sebagai tempat untuk menyaring debu menyerupai bentuk sebuah drum namun berukuran kecil.
4. Wet/Dry
Untuk vacuum cleaner jenis ini lagi-lagi memiliki bentuk yang mirip dengan alat hisap canister serta drum, hanya saja teknologi yang diadopsi oleh jenis ini memiliki kemampuan menghisap lebih kuat atau bisa dioperasikan saat keadaan basah atau kering. Artinya bagian filternya telah dilengkapi teknologi sedemikian rupa agar lebih kuat dibanding dengan jenis lain yang mampu menghisap kotoran atau debu pada lantai serta karpet disaat kering
5. Pneumatic
Ini tak jauh beda dengan Wet/ Dry Vacuum Cleaner karena jenis ini juga memiliki kemampuan menghisap debu atau kotoran ketika lantai atau karpet saat basah dan kering. Produk ini sepertinya cocok untuk perusahaan industri manufaktur.
6.Backpack
Seperti nama yang dimiliki, maka jenis ini merupakan jenis portable yang bisa digendong belakang tanpa menggunakan kabel, namun sebelumnya lakukan pengisian baterai agar kinerja makasimal dalam melakukan pemberishan debu di bagian atap atau gorden yang tidak terjangkau ketika menggunakan jenis upright atau canister. Biasanya ini digunakan oleh jasa pembersih rumah yang mampu membersihkan semua sudut rumah, mulai dari lantau, hingga eternity.
7.Hand-Held
Nah, inilah jenis vacuum cleaner yang juga kerap disukai oleh pemilik pengendara yakni jenis handheld, yang mana alat ini mampu membersihkan sudut sempit dan tak terjangkau karena ukuran yang dimiliki juga kecil dan mudah dipindah atau dijinjing ketika sedang membersihkan. Hanya saja daya hisap yang dimiliki tak sekuat alat penyedot debu jenis drum, canister ataupun pneumatic.
8. Robotic
Semakin canggih tekologi maka beberapa vendor industri juga tak mau kalah untuk melakukan inovasi teknologi, termasuk untuk penyedot debu. Kini tersedia jenis penyedot debu jenis robotic yang cara kerjanya hampir 90% dikontrol dengan digital atau remote control.
9. Cyclonic
Yang juga tak kalah canggih adalah jenis ini, karena sistem penghisap yang dimiliki agak berbeda dengan penghisap debu konvensional. Sistem kerja mekanisnya memiliki teknologi hisap yang mereduksi partikel debu menjadi lebih minim kotoran yang tersaring. Hanya saja jenis ini jarang digunakan karena harga jual yang cukup mahal dibandingkan dengan tipe vacuum cleaner lain.
10. Central Built-in
Jenis ini biasanya banyak digunakan oleh negara maju, pasalnya penggunaan alat penghisap debu ini dipasang langsung saat instalasi rumah dan biasanya berbarengan dengan soket listrik agar mempermudah pengunaan (built-in). Cara kerja built-in ini langsung dicolokkan pada panel listrik yang terhubung dengan pipa instalasi setiap sudut rumah dan terhubung dengan penyaring central yang dipasang di bagian tertentu. Jenis ini belum banyak digunakan apalagi di Indonesia.
11. Constellation
Sebagai urutan paling akhir, fungsi kerja penghisap debu tak berbeda dengan jenis lainnya, hanya bentuknya saja yang berbeda dengan lainnya. Agak lebih bundar namun sistem kerja nya tak ubahnya seperti jenis canister. Jangan lupa untuk membersihkan bagian penyaring debu dari vacuum cleaner yang terdapat pada bagian dalam atau sekitar pangkal pipa penyaring, jangan biarkan kotoran tersebut mengendap ketika alat ini tidak digunakan. Biasakan membersihkan bagian tersebut sebelum menyimpan kembali, karena kotoran atau debu yang mengendap bisa mengantarkan penyakit. 
Semoga Bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar